Rumah 1001buku merupakan tempat di mana relawan Komunitas 1001buku berkumpul, beraktivitas dan sekaligus melayani masyarakat sekitarnya. Komunitas 1001buku terbuka untuk melayani berbagai permintaan diskusi tentang literasi, pengarahan ataupun sekedar pencerahan melalui kunjungan singkat anda.

Untuk meningkatkan efektivitas kunjungan anda, silakan cermati arahan berikut:

  1. Pastikan bahwa anda sudah mempelajari informasi dasar yang telah disajikan di situs ini: apa itu komunitas 1001buku, bagaimana latar belakang berdirinya komunitas ini, apa yang diperjuangkan dan telah dilakukan, apa layanannya, dan bagaimana tata caranya.. Sebagai komunitas yang memperjuangkan literasi, kami akan sangat menghargai waktu yang anda luangkan untuk membaca.
  2. Kirimkan email ke info@1001buku.or.id, dengan memperkenalkan institusi anda, tujuan kunjungan dan rencana berkunjung anda. Jika anda berniat untuk melakukan aktivitas bersama 1001buku untuk tugas sekolah, kuliah, atau institusi, mohon kirimkan ide aktivitas anda setelah mempelajari apa misi komunitas 1001buku dan apa yang diperjuangkan untuk menjaga kesalahpahaman. Jelaskan niat dan ide kreatif anda di dalam email tersebut. Dokumen berupa proposal atau bentuk lainnya dapat disertakan dalam email tersebut.
  3. Komunitas 1001buku adalah komunitas berbasis relawan dan tidak buka sepanjang waktu. Berikan waktu yang cukup untuk menentukan hari/waktu yang tepat baik bagi pihak anda maupun bagi relawan yang ditunjuk 1001buku.
  4. Jika anda berasal dari luar kota dan hanya kebetulan saja ingin berkunjung singkat ke Rumah 1001buku dan tidak sempat melakukan perjanjian, harap menghubungi kami sebelum melakukan perjalanan. Ada kalanya kami memberlakukan jam buka. Silakan cermati jam buka terkini di situs 1001buku.
  5. Jika anda mewakili komunitas, media, atau institusi yang bermaksud berdiskusi dengan Pengurus 1001buku, maka perjanjian perlu dilakukan.
  6. Saat anda berkunjung ke Komunitas 1001buku dan melakukan perbincangan dengan relawan 1001buku tanpa melakukan hal di atas, harap diingat bahwa hasil diskusi tidak merepresentasikan Komunitas 1001buku dan merupakan pemikiran pribadi relawan tersebut.
  7. Mengingat cairnya Komunitas 1001buku, donasi finansial untuk 1001buku melalui relawan tidak dibenarkan.
  8. Untuk kunjungan yang dilakukan untuk memenuhi tugas pihak sekolah/perguruan tinggi, mohon diperhatikan:
    • Jika informasi yang anda butuhkan belum tersedia di situs 1001buku, mohon pertimbangkan opsi untuk menanyakannya melalui email.
    • Kami sangat menghimbau agar anda turun tangan dalam aksi kerelawanan yang secara reguler dilakukan di 1001buku. Namun mohon diingat, bahwa jika anda membutuhkan informasi secara resmi dari 1001buku, anda tetap perlu untuk membuat perjanjian dengan pengurus 1001buku melalui email di atas.
    • Mohon maaf, kami saat ini tidak mengeluarkan sertifikat, rekomendasi, atau penilaian apapun atas aksi kerelawanan yang dilakukan, untuk menjaga kemurnian niat relawan.
  9. Komunitas 1001buku tidak melayani kunjungan, wawancara ataupun diskusi berbau politik dan SARA.
  10. Komunitas 1001buku tidak melayani proposal permintaan dana ataupun sumbangan buku. Untuk support kepada taman baca, anda cukup mencermati persyaratan dan tata caranya di http://bantuanbuku.1001buku.or.id. Kunjungan yang dilakukan untuk melakukan permohonan bantuan buku pada akhirnya akan tetap merujuk kepada tata cara di tautan tersebut.