Fachmi Cholid di tahun 2018 ini menjabat sebagai Ketua I Komunitas 1001buku.

Setelah satu tahun berkenalan dengan 1001buku melalui teman yang juga merupakan relawan di 1001buku, Fachmi memutuskan untuk turut bergabung menjadi relawan 1001buku. Keputusan itu Fachmi ambil setelah melihat 1001buku sebagai wadah untuk belajar mengenai perbukuan yang bisa diakses semua orang dan juga setelah melihat semangat para relawan yang sangat tinggi dalam berkontribusi di komunitas 1001buku.

Kini setelah dua tahun mengenai 1001buku, Fachmi memiliki pengalaman-pengalaman menarik, salah satunya adalah saat berkunjung ke taman baca di Kabupaten Tangerang. Di sana, beliau berkenalan dan berbincang hangat dengan pengelola taman baca tersebut serta mengetahui kesulitan apa saja yang sudah dialami oleh si pengelola taman baca. Bagi Fachmi, 1001buku adalah rumah belajar dan bekerja bersama serta tempat untuk menyebarkan ide-ide baru. Harapan Fachmi bagi 1001buku, kelak akan lebih banyak lagi relawan-relawan yang berkomitmen membantu 1001buku mewujudkan program-program kerennya.

Sekarang, selain berkegiatan di 1001buku, Fachmi aktif mengelola lembaga sosial Bait Al-Hikmah di Limo, Depok; kuliah; mengurus keluarga; serta merintis TBA/perpustakaan Lembu di rumahnya, Kemang.