Diorong oleh rasa keprihatinan atas nasib anak-anak di Kp. Sukamaju dalam mengakses buku, maka Jejen Zaenal Mutaqin dan relawan mendirikan Rumah Baca AsmaNadia (RBA) Ciranjang pada tanggal 22 Juni 2010. Rumah Baca ini terletak di Kp. Sukamaju RT 03 RW 02 Desa Cibiuk Kecamatan  Ciranjang, Cianjur, Jawa Barat.

Di awal berdirinya, RBA Ciranjang hanya menyediakan buku-buku yang dapat dibaca secara gratis oleh warga Kampung Sukamaju, terutama anak-anak dan remaja. Namun, pada tahun 2013 RBA Ciranjang melakukan ekspansi dengan melakukan program road show (keliling) ke kampung-kampung. Program ini dinamai Gerakan Kampung Membaca: 1 Kampung 1 Rumah Baca. Kampung yang dikunjungi oleh RBA Ciranjang sebagian besar adalah kampung-kampung yang berada jauh dari pusat kota. Di Wilayah ini, mayaritas penduduk bermata pencaharian petani. Anak-anak di sana kesulitan menjangkau perpustakaan daerah (kecamatan atau kabupaten) karena jaraknya yang sangat jauh. Dengan Adanya RBA Ciranjang ini, memberikan akses yang terjangkau bagi anak-anak di sana.

Sampai saat ini, RBA Ciranjang sudah melakukan ekspansi ke kampung-kampung di kabupaten Cianjur diantaranya, Kp Andir, Kp. Pasir Kuntul, Kp. Nanggala, Kp. Pasir Nangka, Kp. Leles, Kp Tanjung, Kp. Serepong, Kp. Cibodas, Kp. Bojong, Kp. Panyandungan, Kp. Hampoang, dan kampung-kampung lain. Diantara kampung tersebut, kampung Sukamaju merupakan portofolio dari Gerakan Kampung Membaca: 1 Kampung 1 Rumah Baca. Ada pun kegiatan yang terselenggara adalah:

  • Hiking Super Beda, kegiatan sosialisisasi berupa gelar Lapak Baca, Story Telling dan Games ke Kampung-kampung dengan medan tempuh yang cukup berat.
  • Rumah Belajar Dhuafa, program pendampingan belajar untuk anak-anak yang kurang beruntung di lingkungan Kampung Sukamaju dan sekitarnya. Kegiatan ini dilaksanakan setiap Senin sampai Sabtu dari pukul 15.00 sampai 17.00 WIB. Kegiatan ini tidak dipungut biaya alias gratis.
  • English Home, salah satu program unggulan Rumah Baca AsmaNadia Ciranjang. Dengan dibimbing oleh relawan yang berlatar belakang guru Bahasa Inggris. Siswa yang belajar di sini mulai dari kelas empat SD sampai dengan kelas sepuluh SMA.
  • Program Komputer, program ini memberikan daya tarik tersendiri untuk belajar di rumah baca, terutama bagi para remaja. Sebelum belajar komputer, relawan selalu menganjurkan siswa MEMBACA terlebih dulu.
  • Garasi Sastra, merupakan tempat bimbingan belajar menulis yang digawangi oleh teman-teman Forum Lingkar Pena (FLP) Cianjur. Sudah banyak karya yang dihasilkan dari sahabat-sahabat garasi sastra Rumah Baca. Garasi sastra tidak hanya mengajarkan menulis, melainkan belajar membacakan puisi, bernyanyi, bermain peran, dan masih banyak lagi kegiatan-kegiatan asyik lainnya.
  • Wisata Qalbu, program ini dilaksanakan setiap Kamis pukul 15.00 WIB dan dihadiri oleh para orang tua dan warga setempat.
  • Pemulung Super Kece, program ini merupakan penggalangan dana dengan mengumpulkan barang-barang bekas seperti, gelas dan botol plastic, kertas-kertas, Koran-koran, dll.
  • Lapak Baca, kegiatan lintas komunitas setiap hari Minggu yang “melapak” buku di Taman Kota Cianjur, sehingga pengunjung dapat mengakses/membaca buku secara mudah dan gratis.
  • Goes to Kampung, program road show Lapak Baca keliling kampung se-Kabupaten Cianjur.

Dan masih ada banyak lagi kegiatan-kegiatan lainnya seperti Milad RBA, aneka lomba, kreasi seni, bazaar amal, semarak Muharam, peringatan hari-hari nasional, dan lain-lain.