Kampung Buku adalah taman bacaan anak yang menyediakan beragam bahan bacaan.  Kampung Buku berlokasi di Jl. Abdul Rahman Gg. Rukun RT15 RW 5 No.56 Cibubur, Jakarta Timur. Di sini semua pengunjung bebas memanfaatkan semua koleksi yang ada tanpa harus dipungut biaya. Gratis membaca dan bebas memilih buku yang disukai.

Uniknya, di Kampung Buku tidak ada penjaga tetap yang mengawasi sirkulasi peminjaman buku. Di sini semua pengunjung adalah penjaga. Mereka yang kerap mampir, sebelumnya ditanamkan rasa memiliki. Jadi, rasa tanggung jawab untuk merawat buku-buku koleksi yang ada sudah terpatri dalam diri masing-masing pengguna fasilitas. Selain itu kami juga kerap mendekatkan buku-buku kepada anak-anak. Caranya, kami membuat Kotak Baca di beberapa RT serta setiap minggu sore menggelar lapak buku sambil berkegiatan di RPTRA Cibubur dan Taman Mahoni, Ciracas.

Awalnya, Kampung Buku hanya melayani pengunjung yang hendak membaca di taman baca, tapi kini juga mengajari anak-anak  menggambar, belajar hidroponik, membuat mainan dari kardus, bermain yoyo dan  berbagai aktifitas dengan teman-teman di luar pulau. Seperti yang sudah pernah kami lakukan dengan program Kotak Budaya. Kami mengajak anak-anak di Kampung Buku membuat karya untuk dikirim ke teman-teman mereka di Nusa Tenggara Barat (NTB). Kemudian mereka pun akan mendapatkan kreasi serupa, balasan dari anak-anak NTB. Tujuan dari program tersebut adalah mengajarkan kepada mereka arti persaudaraan. Walau berbeda pulau dan dipisahkan ribuan kilometer, namun mereka adalah satu saudara sebangsa Indonesia. Hal ini juga dapat sebagai wadah mengaplikasikan pelajaran yang didapat dari buku yang telah dibaca anak-anak. Karena semua itu, keberadaan Kampung Buku tentu menjadi penting: Sebagai tempat bertemu sahabat baru, area bermain, belajar dan rekreasi.

Kegiatan yang paling menginspirasi lainnya adalah ‘Gowes Literasi’ yaitu bersepeda mendatangi anak-anak untuk berkegiatan literasi. Selain di lingkungan Cibubur, kami juga pernah melakukan kegiatan Gowes Literasi keliling Jawa Barat (tahun 2017 menyambut Hari Aksara Internasional). Menggelar buku di taman, mendatangi sekolah, taman baca, kelompok belajar dan rumah warga. Spirit dari kegiatan ini adalah menyebarkan virus baca dengan cara menarik.