Kampanye Literasi dan Minat Baca merupakan salah satu bentuk aktivitas 1001buku dalam usahanya mencapai misi 1001buku untuk membuat anak-anak Indonesia gemar membaca. Ketersediaan bahan bacaan bukanlah jaminan bahwa seorang anak akan terbuka matanya akan keindahan dunia yang disajikan oleh pelangi yang ditawarkan oleh buku-buku yang melimpah. Dengan demikian, sesekali 1001buku ikut serta baik secara aktif dalam menggiatkan kebiasaan membaca untuk anak Indonesia.

Dalam kaitannya dengan kampanye literasi, 1001buku juga melakukan kampanye untuk menumbuhkan kerelawanan di bidang literasi, agar masyarakat Indonesia senantiasa peduli dan bersama-sama menyisihkan waktu, tenaga, dan pikiran untuk meningkatkan literasi Indonesia.

1001buku acap kali ikut serta dalam event-event yang diadakan oleh para sponsor dan rekanan. Pameran-pameran, acara-acara CSR perusahaan, atau bahkan kegiatan-kegiatan kecil penguatan relawan, merupakan sarana yang pernah digunakan 1001buku untuk senantiasa membuka mata masyarakat betapa pentingnya budaya baca bagi anak Indonesia serta menyadarkan pentingnya semangat kerelawanan agar menjadi budaya hidup di Indonesia.