Tepat tanggal 10 Januari 2018, Komunitas 1001buku berulang tahun yang ke-17.  Diawali dengan gerakan sederhana untuk memperkuat beberapa taman baca yang diinisiasi masyarakat untuk membuka akses baca yang sulit di berbagai daerah dengan cara menyuplai buku-buku donasi, Komunitas 1001buku telah berkembang dengan beranggotakan lebih dari 650 taman baca di dalam jaringannya.

Selama tahun 2017, setidaknya terdapat 114 taman baca baru yang teregistrasi dan terverifikasi di Komunitas 1001buku, sekaligus mendapatkan bantuan buku sesuai kebutuhannya. Lebih dari 22000 buku telah terdistribusi ke seluruh penjuru nusantara, bahkan ke beberapa tempat di luar negeri di mana anak-anak TKI mengalami kesulitan mendapatkan pendidikan dan bahan bacaan. Fasilitas yang diberikan Bapak Presiden Joko Widodo melalui PT Pos Indonesia yang menggratiskan pengiriman buku-buku, termasuk ke taman-taman baca Jaringan 1001buku, secara signifikan telah membuat pendistibusian buku meningkat, menjangkau jauh lebih banyak anak-anak negeri ini untuk menikmati bahan bacaan yang banyak tersedia di kota-kota besar.

Komunitas 1001buku juga pada tahun 2017 berkesempatan mengadakan beberapa pengembangan kapasitas, workshop, dan diskusi literasi demi memperkuat gerakan peningkatan literasi, terutama untuk usia belia, di banyak daerah. Acara ini juga diadakan dalam rangka meningkatkan kiprah dan kontribusi para relawan literasi yang tidak bersedia berpangku tangan melihat terpuruknya akses baca dan minat baca anak Indonesia.

Terima kasih kepada segenap relawan, donatur, kontributor, dan tak lupa para pengelola taman baca yang telah saling bahu membahu bersama 1001buku mendorong belia Indonesia mencapai mimpi-mimpinya melalui lembaran-lembaran buku yang indah.

Selamat ulang tahun, 1001buku.