Rumah 1001buku secara resmi pindah ke Jl. Keselamatan I no 146 di Manggarai Selatan, Jakarta Selatan. Setelah sebelumnya beberapa tahun menempati area di Menara Air, sejak Desember 2017 para relawan bahu-membahu untuk memastikan proses berpindahnya Rumah 1001buku lancar dan efektif. Kepindahan ini sekaligus menandai pindahnya sekretariat dan alamat kirim Komunitas 1001buku.

 

 

 

 

 

 

Rumah 1001buku selama ini berfungsi tidak hanya sebagai sekretariat resmi Komunitas 1001buku, namun juga menjadi tempat berkumpulnya relawan, pusat kegiatan sort-pack-distribute buku-buku yang dihimpun dari berbagai elemen masyarakat untuk dikirimkan ke taman-taman baca di seluruh nusantara, pusat dilakukannya penelitian literasi, serta akan menjadi laboratorium literasi dengan ditempatkannya berbagai koleksi buku yang dapat menjadi inspirasi taman-taman baca di Indonesia.

Rumah 1001buku juga selama ini telah menjadi taman baca dan markas beraktivitas bagi masyarakat dan anak-anak setempat, dengan memanfaatkan koleksinya untuk menumbuhkan semangat baca bagi belia di daerah Manggarai Selatan dan sekitarnya.