Sebuah aplikasi berbasis Android, SITACA (Sistem Informasi Taman Baca), tengah dikembangkan dan mendekati final. Kerja sama antara Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia dengan 1001buku ini membuahkan sebuah aplikasi yang dapat diakses tanpa membutuhkan perangkat komputer. Pada tanggal 9 Desember 2017, aplikasi ini diperkenalkan dalam bentuk pelatihan singkat, bertempat di Taman Baca Taman Hati, Kp. Cirumpak, RT 07, RW 02 Desa Kronjo, Kabupaten Tangerang. Pemateri yang hadir adalah Bpk Hadaiq M.Kom., salah satu dosen fakultas Ilmu Komputer UI. Sesi ini diikuti oleh 40 taman baca se-Kabupaten Tangerang.


Sesi ini berisikan pelatihan secara komprehensif atas aplikasi Sitaca, di mana aplikasi yang berbasis Android ini dapat diunduh di Google Playstore dengan gratis. Aplikasi ini dirancang agar tidak memerlukan memori yang besar, mudah untuk digunakan, serta memungkinkan penggunaan secara luring (offline). Dengan aplikasi ini, pengguna dapat memasukkan data buku-buku, sirkulasi, pengunjung, hingga akhirnya memunculkan rekap yang dapat membuat pengguna menganalisis efektivitas taman baca dalam meningkatkan minat baca di daerahnya. Atensi peserta cukup besar untuk mempelajari aplikasi ini dan aktif juga untuk bertanya.

Dalam sesi yang dikoordinasikan oleh relawan Fadila Kosasih dari 1001buku, Andri Gunawan dan Nahrudin sebagai tuan rumah ini, dilakukan pula diskusi dua arah untuk memberikan berbagai masukan sehingga adopsi aplikasi ini ke depannya menjadi lebih tinggi dan menjawab kebutuhan para pengelola taman baca di tengah berbagai keterbatasan untuk menggiatkan literasi di daerah mereka.