Jaringan Taman Baca Anak 1001buku merupakan kumpulan taman-taman baca anak swadaya di seluruh tanah air yang memungkinkan taman baca untuk berkolaborasi, berbagi ilmu, saling membantu dan berbagi sumber daya. Secara berkala Komunitas 1001buku melakukan penguatan taman baca yang telah terdaftar di dalam jaringan ini, termasuk pengiriman bantuan buku-buku sesuai dengan kebutuhan, yang didapat dari berbagai elemen masyarakat. Komunitas 1001buku hanya memfokuskan pada penguatan taman baca yang telah berada di dalam Jaringan Taman Baca Anak 1001buku.

 

Langkah-langkah Registrasi 

Jika taman baca yang anda kelola bersedia dan telah untuk memenuhi syarat dan ketentuan (ingat, baca terlebih dahulu apakah taman baca anda memenuhi syarat; tanpa kejelian membaca, maka registrasi anda tidak akan diterima), maka tahapan yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut:

1. Daftarkan diri untuk menjadi anggota facebook group 1001buku.
– Untuk mendaftarkan diri di facebook group, kunjungi https://www.facebook.com/groups/1001buku/

2. Registrasikan taman baca anda ke Jaringan Taman Baca Anak 100buku dengan mengunduh formulir registrasi taman baca 1001buku dan kirimkan kembali formulir yang sudah diisi ke: tamanbaca@ 1001buku.or.id DAN perpustakaan.1001buku@ gmail.com dengan subjek: Registrasi Taman Baca. Anda diminta untuk melampirkan beberapa foto bukti keberadaan taman baca anda, termasuk (1) foto papan nama/banner/plang/stiker yang berada di depan taman baca, (2) foto bangunan atau fasilitas taman baca (jika bukan berupa bangunan), (3) foto aktivitas yang pernah dilakukan di taman baca tersebut.

Untuk mengunduh formulir registrasi, klik tautan berikut: Formulir TBA 1001buku

Registrasi TIDAK dipungut biaya.

3. Menunggu validasi yang dilakukan oleh tim 1001buku. Tim Taman Baca 1001buku akan mempertimbangkan kelayakan taman baca Anda untuk masuk ke dalam Jaringan Taman Baca Anak 1001buku. Jika layak, taman baca tersebut akan mendapat nomer registrasi dan dapat terlihat di tautan berikut: http://jaringantba.1001buku.or.id

 

Beberapa catatan penting:

– Jika dalam formulir tersebut anda mengisi dengan lengkap dan menyatakan masih membutuhkan bantuan buku, secara otomatis taman baca anda akan dimasukkan ke daftar tunggu penerima bantuan buku dari 1001buku. Harap bersabar, karena waiting list ini bisa cukup panjang, sedangkan pengiriman biasanya hanya dilakukan 1 bulan sekali. Pertanyaan mengenai kapan pengiriman ke taman baca anda tidak akan dijawab, karena sangat tergantung dari ketersediaan buku sumbangan masyarakat dan dana untuk mengirimkan ke taman baca anda.

– 1001buku akan mendistribusikan buku melalui kegiatan sort-pack-distribute (SPD) yang akan diumumkan melalui milis dan/atau media sosial 1001buku. Jika taman baca anda menerima kiriman buku, laporkan penerimaan anda beserta jumlah buku yang anda terima.

– Jangan lupa untuk selalu mengabarkan perkembangan taman baca Anda di milis dan/atau Facebook Group 1001buku, sehingga dari situ dapat dinilai bahwa taman baca Anda aktif dan siap menerima buku-buku kembali hasil SPD mendatang. Jika terjadi pergantian alamat atau kontak, kabari secepatnya ke alamat email di atas agar komunikasi tetap dapat terjaga.

– Komunitas 1001buku tidak akan menyerahkan data yang dikirimkan melalui pendaftaran ini ke pihak ketiga, tanpa seizin pihak taman baca.