Berawal dari Gerakan Gresik Membaca yang dilakukan sejak tahun 2015, 40 pemuda tergerak untuk berjuang dalam menumbuhkan minat baca dan budaya literasi masyarakat Gresik.  Di tahun 2015 itu pula, kami bekerja sama dengan Rumah Baca AsmaNadia pusat. Rumah Baca AsmaNadia “Man Jadda Wa Jada” pun masih mempunyai basecamp dengan menumpang di ruang tamu salah satu relawan di Dusun Bangun Rejo RT 04 RW 02 Desa Mojopurogede Kecamatan Bungah kabupaten Gresik. RBA ini awalnya hanya berbekal dua rak buku untuk menampung banyak buku dari para donatur baik dari penerbit, instansi maupun perorangan. Ketika masih awal bergerak rumah baca ini hanya menjangkau anak-anak dan masyarakat desa Mojopurogede.

Selama 2 tahun ini, banyak sekali program-program yang diselenggarakan oleh RBA Gresik. RBA Goes to School, kami datang ke sekolah-sekolah yang kekurangan akses buku yang ada di kabupaten Gresik untuk memberikan motivasi anak-anak akan pentingnya budaya membaca dan pendidikan melalui pertunjukan boneka tangan, games edukatif dan lain sebagainya. Kami juga bekerjasama dengan badan arsip dan perpustakaan daerah kabupaten Gresik melalui mobil perpustakaan keliling untuk mengenalkan kepada anak-anak agar lebih dekat dengan buku, sehingga tidak ada lagi angka putus sekolah. Memberikan teladan, motivasi kepada masyarakat bahwa di ruang publik pun kita dapat membudayakan membaca dengan fun, bermedia game.

Program lain adalah RBA Goes to Library, yaitu kunjungan ke perpustakaan daerah yang tujuannya memperkenalkan Perpustakaan Daerah Gresik sejak dini dan membiasakan kepada anak-anak kebiasaan membaca. Lantas kami tidak berpuas diri, kami membuka Lapak Baca Gratis di pendopo alun-alun Gresik. Gelar lapak baca gratis ini kami lakukan secara rutin di hari Minggu di Alun-alun kabupaten Gresik, hal ini sekaligus sebagai sarana kampanye dan sosialisasi kepada masyarakat baik anak-anak maupun orang tua untuk membudayakan membaca. Kami juga mengadakan Lomba Mewarnai dan Menggambar, kegiatan ini diselenggarakan untuk menyemarakkan hari-hari besar nasional terutama kemerdekaan Indonesia. Dan yang terbaru Kado Cinta untuk Anak Indonesia, kami mengadakan open donatur kakak asuh untuk memberikan beasiswa SPP selama satu tahun untuk adik-adik yang berprestasi namun berbatas biaya pendidikan, selain itu kami menggalang donasi untuk memberikan paket kado perlengkapan sekolah. Untuk adik-adik yang terbatas dalam akses buku mereka bisa mendapatkan akses buku dengan sistem jemput bola. Mereka juga mengetahui terkait perpustakaan daerah Gresik sejak dini dengan adanya mobil pintar Perputakaan Daerah Gresik bekerja sama dengan kegiatan kami. Dengan dukungan dari berbagai stakeholder seperti Dinas Perpustakaan Daerah, DPRD Kabupaten Gresik, sekolah-sekolah yang ada di kabupaten Gresik juga menjadi latar belakang gerakan ini bisa berlangsung.

Di penghujung tahun 2017, Rumah baca AsmaNadia Gresik terpilh menjadi salah satu pelaksana utama Program Taman Literasi Integritas (Tali Integrasi) oleh Pusat Edukasi Anti Korupsi KPK. Menjadi Panglima Integritas KPK, Rumah Baca AsmaNadia Gresik bertanggung jawab menumbuhkembangkan kesadaran integritas akan nilai-nilai integritas dalam kehidupan masyarakat.