Dalam menyambut Tahun Baru, Komunitas 1001buku mengajak kalian untuk memikirkan resolusi literasi sepanjang tahun ini. Benar, resolusi literasi. Mengapa tidak?

Resolusi literasi bisa berupa berapa jumlah buku yang akan kalian baca tahun ini. Bahkan bisa berapa karya yang akan kalian tulis tahun ini. Buku dengan kategori apa yang akan menjadi tantangan di tahun 2019 (Reading Challenge, sepertinya seru, bukan?). Berapa banyak buku yang akan kalian sumbangkan ke taman-taman baca. Berapa banyak buku yang ingin orang lain ajak membacanya. Berapa kosa kata baru yang kalian ketahui, dan berapa banyak ide kosa kata baru yang disumbangkan ke Kamus Besar Bahasa Indonesia. Untuk pengelola taman baca, mungkin berapa banyak buku yang benar-benar terbaca di taman bacamu. Untuk para pengajar, berapa banyak anak didik yang akan kalian jadikan anak yang cinta membaca. Untuk para orang tua baru, berapa banyak buku yang kalian bacakan ke buah hati. Untuk para relawan, mungkin memikirkan bentuk baru ajakan kreatif membaca untuk orang di sekitar kalian.

Resolusi literasi bisa menjadi awal semangat menumbuhkan minat baca masyakarat Indonesia. Jadi, apa resolusi literasimu?