Prosedur Penerimaan Donasi Finansial dari Korporat
1. Memperoleh persetujuan dari Ketua Yayasan, untuk memastikan hal-hal berikut:
– Implikasi kewajiban yang dikenakan atas donasi tersebut
– Resiko afinitas atas donasi tersebut kepada institusi
– Peraturan dan kesepakatan internal atas donasi/hibah
– Dilengkapinya dokumen-dokumen yang diperlukan
– Jangka waktu terikatnya donasi (jika donasi tersebut adalah donasi terikat temporer)
– Kejelasan identitas pemberi donasi financial, termasuk kontak, alamat dan email.
2. Penerimaan dilakukan melalui transfer bank, yaitu ke rekening Yayasan 1001buku. Penerimaan kas tunai yang dititipkan melalui relawan harus disetorkan ke rekening Yayasan 1001buku.
3. Penerimaan donasi yang dilakukan transfer secara langsung tanpa ada konfirmasi yang dari donatur, akan dicatat sebagai donasi tidak terikat.
4. Pencatatan donasi finansial dilakukan, dengan mengakui donasi tersebut sebagai donasi terikat, donasi terikat temporer, atau donasi terikat permanen.
5. Menerbitkan tanda terima (receipt) melalui email, dengan tembusan kepada Ketua Yayasan (ketuayayasan@1001buku.or.id) dan Tim Keuangan 1001buku (email: keuangan@1001buku.or.id)

Prosedur Penerimaan Donasi Finansial dari Perseorangan
1. Penerimaan dilakukan melalui transfer bank, yaitu ke rekening Yayasan 1001buku. Penerimaan kas tunai melalui relawan harus disetorkan ke rekening Yayasan 1001buku, atau diserahkan langsung kepada PJ kegiatan atas seizin dan sepengetahuan Tim Keuangan. Dalam hal penerimaan kas tunai diserahkan langsung ke PJ kegiatan berjumlah lebih dari IDR 1.000.000 atau ekuivalen, harus seizin dan sepengetahuan Ketua Yayasan.
2. Penerimaan donasi finansial yang dilakukan transfer secara langsung tanpa ada konfirmasi keterangan apapun dari donatur, akan dicatat sebagai donasi tidak terikat.
3. Pencatatan donasi finansial dilakukan, dengan mengakui donasi tersebut sebagai donasi terikat, donasi terikat temporer, atau donasi terikat permanen.
4. Menerbitkan tanda terima (receipt) melalui email untuk donasi lebih dari IDR 500.000 atau ekuivalen, atau jika donatur meminta, dengan tembusan kepada Ketua Yayasan (ketuayayasan@1001buku.or.id) dan Tim Keuangan 1001buku (email: keuangan@1001buku.or.id)