Syukuran dalam rangka Ulang Tahun ke-17 Komunitas 1001buku yang diadakan pada tanggal 13 Januari 2018 berlangsung meriah. Diawali dengan ucapan syukur bersama, acara diwarnai dengan banyak perkenalan wajah-wajah lama dan baru dari para relawan dan para tamu, sekaligus meninjau ulang apa yang telah dilakukan di tahun 2017 lalu.

Para relawan komunitas 1001buku merupakan sebuah keluarga besar; mereka saling bertukar informasi terkini di kehidupan mereka, berbagai kontribusi dari berbagai sisi di dunia literasi, hingga bertukar ide dan rencana ke depan. Relawan-relawan belia 1001buku terlihat mewarnai acara, dan memberikan ketegasan bahwa dunia kerelawan dan keprihatinan atas literasi Indonesia bukan hanya dominasi orang dewasa.

Acara Syukuran Komunitas 1001buku ini sangat jauh dari bentuk seremonial;  justru, dalam acara ini terselenggara diskusi-diskusi ringan atas apa yang akan dihadapi di tahun 2018 dan berbagai kemungkinan kolaborasi yang mungkin dapat dibentuk baik dari relawan-relawan 1001buku maupun dari berbagai pemegang kepentingan yang hadir.

Selamat Ulang Tahun Komunias 1001buku; mari kita terus berkarya di tahun 2018.