Terinspirasi oleh teman-teman luar biasa yang ada di media sosial Facebook, diantaranya Bapak Agus Sopandi (Pendiri RBM Kali Atas) dan Mang Yayat (Pendiri TBMSehati), Kami mendirikan TBM Hegar Manah. TBM kami berada di Kampung Karanganyar, Desa Mekarmulya, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut. Berlatar belakang dari banyaknya orang tua yang memanjakan anak-anaknya melalui gawai, Play Station (PS), belum lagi pengaruh negatif yang bisa berakibat fatal bagi perkembangan otak, membuat kami prihatin dan ingin ikut serta membina masyarakat. Akhirnya pada 25 Desember 2015 saya mendirikan TBM Hegar Manah bersama suami dengan tujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat, menggalang potensi dan bakat pustakawan, sehingga menghasilkan karya nyata dari hasil membaca.

Berbagai macam buku menarik terkumpul di TBM, khususnya  bacaan untuk anak-anak seperti novel anak, novel remaja, majalah, kesehatan, pertanian, motivasi, sejarah, dan lain-lain. Kehadirannya TBM Ini diharapkan bisa dijadikan solusi dalam berbagai permasalahan, baik dalam menyelesaikan tugas sekolah untuk para pelajar, cara mendidik anak untuk para orang tua, menjaga keharmonisan rumah tangga, dan masih banyak lagi lainnya. Layanan yang diberikan hampir seminggu full yaitu sejak pagi hingga sore hari. Hal ini membuat para pengunjung puas dan betah berlama-lama di TBM.

Menggambar dan menulis adalah salah satu kegiatan TBM Hegar Manah. Bagi mereka khususnya pembaca anak-anak SD dan SMP yang selama ini rajin membaca dan menulis ternyata bukanlah perkara sulit. Merekapun bisa belajar dari buku-buku yang telah dibacanya, seperti novel dan komik Kecil-kecil Punya Karya (KKPK) yang di tulis dan digambar oleh anak berusia 6-14 tahun. Komik dan novel tersebut sangat menginspirasi. Tidak sedikit dari pemustaka yang bercita-cita ingin menjadi penulis dan komikus yang karyanya bisa dibaca oleh banyak orang. Akhirnya menulis dan menggambar menjadi kegiatan rutin TBM. Melalui hasil kegiatan tersebut, kami tak menyangka mendapat perhatian dari Pak Jumari Haryadi Kohar, seorang penulis berpengalaman dari Bandung. Beliau juga seorang trainer handal yang sudah biasa mengajar di kelas menulis profesional. Ada juga Mang Yayat, seorang pegiat literasi dan ketua Ftbm Kabupaten Bandung yang sudah banyak mendapat penghargaan dari pemerintah. Mereka memberikan pelatihan menulis secara sukarela di TBM kami.

Keterbatasan yang dimiliki TBM saat ini tidak menjadi penghalang untuk mereka terus berkarya. Dari hasil kegiatan tersebut, kami mencoba untuk  mengirimkan karya-karya mereka yang ditulis dan di gambar secara manual ke penerbit yang alamat dan ketentuanya tertera di belakang buku. Meskipun hasilnya belum sesuai harapkan, kami yakin dengan terus berusaha disertai berdo’a, suatu saat bisa tercapai. Amin