TBM Wijaya Kusuma terletak di Karanganyar RT 01/46, Desa Wedomartani, Ngemplak, Kabupaten Sleman, DIY. Berdirinya TBM Wijaya Kusuma dilatarbelakangi oleh adanya keinginan dari pengelola untuk membuat sebuah perpustakaan, yang menyediakan berbagai sumber bacaan, yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dalam mendapatkan ilmu pengetahuan. Selain itu, pengelola ingin menjadikan TBM sebagai wadah pemberdayaan masyarakat untuk mewujudkan kemandirian ekonomi. Harapan selanjutnya adalah bahwa keberadaan TBM Wijaya Kusuma akan bermanfaat bagi masyarakat dan menginspirasi rekan-rekan penggerak literasi pada khususnya.

Sampai saat ini TBM Wijaya Kusuma terus bergerak dan berkegiatan. Di sana dijalankan kegiatan sirkulasi buku, yaitu peminjaman buku untuk dibaca di tempat maupun untuk dibawa pulang. Ada pula kegiatan kantong buku yaitu meminjamkan sejumlah buku ke lembaga PAUD maupun taman baca ( rintisan taman baca ) yang membutuhkan buku. Di sana dijalankan pula pustaka keliling secara rutin setiap seminggu 3 kali membawa sekotak buku untuk anak-anak di masjid.

Pengelola TBM juga berusaha untuk mengkolaborasikan dunia literasi dengan dunia wirausaha. Walaupun banyak buku-buku yang membahas tentang pertanian, ketrampilan dan lain-lain, kalau tidak dipraktekkan maka akan sia-sia saja. Dengan memanfaatkan sosial media, pengelola bisa membentuk komunitas yang lebih besar dan lebih luas jangkauannya. Saat ini, untuk lebih mengefektifkan kegiatan, pengelola membuat program Sekolah Ketrampilan. Anggota Sekolah Ketrampilan tersebar di berbagai wilayah seperti Ngemplak, Mlati, Minggir, Sleman, Pakem dll. Selain itu, pengelola juga membuat kelompok Hidroponik untuk anggota yang menekuni pertanian khusunya hidroponik. Tidak hanya itu, juga ada kelompok karawitan untuk anggota yang senang berkesenian dan kelompk Shibori untk anggota yang ingin menekuni batik atau shibori. Berbagai kegiatan ini diharapkan akan mampu menarik antusiasme warga masyarakat untuk menjadikan TBM Wijaya Kusuma sebagai tempat belajar masyarakat, tempat menggali ilmu pengetahuan dan tempat untuk mewujudkan masyarakat yang cerdas dan berbudaya. Pada akhirnya, Gerakan Literasi tidak hanya sekedar slogan saja tapi bisa benar-benar nyata terwujud di masyarakat. Ke depan semoga kegiatan yang dilakukan di TBM Wijaya Kusuma bisa memberikan inspirasi bagi masyarakat umumnya dan TBM khususnya, untuk mengkolaborasikan kegiatan literasi dengan kegiatan di masyarakat.