Di balik berbagai kegiatan literasi Komunitas 1001buku, ada sebuah tim yang bertugas untuk memastikan keluar masuknya dana berjalan dengan baik, tercatat, dan sesuai dengan amanah para donatur. Tim yang menyebut dirinya dengan tim Titi Teliti (julukan tokoh di majalah Bobo zaman dulu) akan mengumpulkan dan melaporkan informasi keuangan tentang kinerja, posisi keuangan, dan arus kas dari organisasi.

Tidak sedikit lembaga nirlaba di Indonesia yang lalai untuk mengemban amanah dan mematuhi kewajibannya untuk mencatat, melaporkan, dan memastikan kepatuhan terhadap aturan yang ada. Sebagai organisasi yang berbentuk Yayasan, Komunitas 1001buku tidak hanya diharuskan untuk melaporkan laporan keuangannya kepada publik, namun juga diharuskan menyesuaikan pencatatan dan pelaporannya dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) no 45 tentang Organisasi Nirlaba.

Tim Keuangan juga membuat berbagai aturan dan prosedur yang wajib dipatuhi secara internal, guna meminimasi kemungkinan penyalahgunaan dana. Mereka memberikan advis atas kondisi keuangan dan pengelolaan keuangan secara cerdas, pembuatan kontrak kerja sama, serta memberikan visibilitas dan bentuk pertanggungjawaban yang diperlukan untuk membuat pihak donatur merasa nyaman saat bekerja sama dengan Komunitas 1001buku.

Ingin belajar dan berkontribusi di bidang ini? Mari bergabung!